Jumat, 29 April 2016

Cerita Tanggal Tuaku



Merantau adalah hal yang mau tak mau harus dihadapi saat seseorang memutuskan untuk menggapai sesuatu namun terkendala minimnya fasilitas dikampung halaman. Baik oleh adik2 kita yang baru lulus SMA harus kuliah diluar kota, maupun oleh teman-teman yang harus merantau dengan alasan mencari sumber penghidupan yang lebih baik karena keterbatasan lapangan pekerjaan ditempat kelahirannya. Alasan kedua inilah yang menjadi sebab saya merantau ke Surabaya.

Awalnya sempat terpikir merantau itu ribet sekaligus menakutkan. Ya,,,,saya yang notabene wong ndeso membayangkan susahnya hidup ditengah hiruk pikuk ibukota dengan penduduknya yang serba materialistis lengkap dengan tingginya angka kriminalitas yang terlanjur menjadi image sebuah kota besar. Saya sepenuhnya sadar bahwa saya harus survive, bertahan hidup tanpa adanya bantuan ortu. Well, that’s the reality! And I have to face it,right?!!

Bulan pertama kujalani dengan aman,,,,mengingat masih ada subsidi dari bokap nyokap. Tapi selanjutnya,,,jangan ditanya! Gaji pertama yang dengan status saya yang masih “on training” membuat saya harus mengencangkan ikat pinggang rapat-rapat. Kalau orang jawa bilang,,, ngirit alias hemat! Apalagi saat kalender sudah menunjukan angka berkepala dua. Kalau buka dompet rasanya ngeri, lha isinya tinggal orang bawa golok doang X_X . Apalagi kalau pada saat yang bersamaan stock kosmetik, peralatan mandi, dan makanan mulai menipis,,,,Beneran deh,,,,Sakitnya tuh disiniiiii! :'(  Lengkap sudah penderitaanku :(  Jangankan untuk camilan, bisa makan saja rasanya sudah Alhamdulillah banget. Pokoknya intinya cuma satu,,,bertahan sampai waktu gajian tiba.


Untuk menghadapi tanggal tua, saya punya trik-trik jitu agar bisa bertahan hidup hingga saat gajian tiba. Mau tau apa aja rahasianya? Yuk simak tips jitu menghadapi tanggal tua ala-ala saya ;)

1.Memasak


Saya yang dulunya cuma bisa masak air, mau gak mau harus belajar masak. Yah,,,minimal masak nasi lah…jadi tinggal beli lauknya saja kewarteg. Percaya deh,,,cara ini worted banget untuk menghemat uang,, kalaupun sudah mentok pas tanggal tua dompet kosong melompong, minimal masih bisa  makan nasi pakai saos atau kecap plus krupuk saja sudah cukup kan buat ngganjal perut :P

2.Super Irit dalam segala hal


Biasakanlah memanfaatkan segala sesuatu seefisien dan semaksimal mungkin, misalnya Untuk kosmetik dan peralatan mandi. Yaitu dengan memastikan semua item sudah terpakai hingga tetes terakhir. Sedikit tips yaaaa,,,untuk yang kemasan tube (misalnya pelembab dan pasta gigi), kalau dipencet2 udah gak keluar, jangan buru-buru dibuang! digunting saja kemasannya,,,dan disitu kamu bakal lihat kalau ternyata isi didalamnya masih melimpah ruah, cukup deh buat seminggu, lumayan sambil nunggu gajian <:-P  oiya…jangan lupa tutup lagi dengan menyematkan bagian bawah kebagian atas kemasan, biar kosmetik or pasta gigi kamu gak kering dan bisa dipake lagi keesokan harinya ;)

3. Bersosialisasi hukumnya Wajib Lho

Keadaan kita yang jauh dari keluarga memaksa kita untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Karena kita tidak tahu apa yang terjadi esok hari. dan satu hal yang perlu kamu inget, kamu gak perlu pandang bulu dalam hal ini. Gak ada ruginya kok memperluas pergaulan dengan siapapun. Misalnya dengan para penjaja makanan di sekitarmu. Jika hubungan kalian cukup akrab, sang penjual makanan tidak akan segan memberikan harga murah lo :D Tapi sebisa mungkin jangan sampai mengutang ya sob. Karena pedagang kecil dengan modal pas-pasan seperti mereka butuh sirkulasi uang yang lancar untuk kelangsungan bisnis mereka.

4.Manfaatkan peluang (*Baca: Manfaatkan Gratisan)

Ditanggal tua, kita harus bertransformasi jadi cewek smart yang sigap menangkap setiap peluang dalam rangka menghemat pengeluaran.
Misalnya dengan memilih tempat nongkrong yang menawarkan wifi gratis. Buang jauh-jauh dulu deh yang namanya gengsi.  Pasang aja muka tembok waktu dikafe cuma pesen segelas jus. Itupun minumnya diawet-awetin sampai berjam-jam sambil ngerjain tugas kuliah. Ha-Ha :D . No problemoooo ! lumayan kan bisa menghemat budget buat beli kuota internet ;)

Terus buat kamu yang mahasiswa, pasti sering ada acara seperti seminar gratis, bakti sosial, atau dies natalis dikampus. Nah,,,kamu harus rajin-rajin ikutan tuh. Karena pasti disediakan konsumsi bagi yang hadir berupa snack atau nasi kotak gratis. Lumayan banget kan bisa mengurangi lembaran rupiahmu keluar dari dompet =D

5.Pilih tempat belanja yang memenuhi kriteria "customer friendly" saat ada kebutuhan mendesak yang membuat kita terpaksa belanja ditanggal tua.

Bisa dibayangkan kan kalau saat dalam kondisi bokek ada kebutuhan yang tergolong urgent dan gak bisa ditunda? Misalnya lampu,Gak mungkin banget kan kalau belinya nunggu gajian? Masa iya selama belum gajian kita musti gelap-gelapan? Dalam kondisi seperti ini kamu harus super selektif dalam memilih tempat belanja. Pastikan tempat belanja kamu memenuhi kriteria "Customer Friendly", Yaitu:
* Menawarkan harga murah
* Banyak promo diskon
* Dekat dengan tempat kos untuk menghemat biaya transport
* Lengkap, agar kita bisa mendapatkan semua yang kita cari disatu tempat

Begitulah kira-kira #KisahTanggalTuaku ditanah rantau., asalkan kita pandai memutar otak, tanggal tua bukanlah sesuatu yang menakutkan :) Jadi gak perlu bersedih hati, apalagi sampai mau bunuh diri. Badai Pasti berlalu kok sob! #JadilahSepertiBudi yang tetap fight dalam menjalani tanggal tua.







                          Facebook   mataharimall https://line.me/ti/p/%40mataharimall      situs belanja online mataharimall.com     mataharimall   https://www.youtube.com/user/DigitalAdvan  https://plus.google.com/+MatahariMallcom/
  

Posting Komentar